Biografi singkat valentino rossi

Biografi Valentino Rossi


 



  • Nama lengkap : Valentino Rossi
  • Tempat dan tanggal lahir : Urbino, Italia 16 Februari 1979
  • Tinggi dan berat badan : 182 cm/65 kg 
  • Warga negara : Italia
  • Orang tua : Graziano Rossi (ayah), Stefania Palma (ibu)
  • Saudara : Luca Marini (saudara tiri laki – laki), Clara (saudara perempuan)
  • Team sekarang : Yamaha Movistar
  • No pembalap : 46

valentino rossi merupakan pembalam veteran asal italia yang memulai karirnya pada tahun 1996 berikut merupakan perjalanan karir valentino rossi atau yang biasa di kenal sebagai the doctor.

1.Aprilia (1996-1999)

The doctor memulai karirnya yaitu dengan begabung dengan tim aprilia dengan kategori 125cc motogp rossi mampu mengisi posisi di akhir musim pada saat itu, the doctor memenangkan juara dunia pertamanya pada tahun 1997 ,di saat itu dia berjuang dengan sangat keras .seiring waktu masih di tim aprilia rossi pindah ke kategori 225cc ,the doctor memduduki peringkat kedua di pole posision pada akhir musim 1998,dan pada tahun 1999 rosi menaiki podium tertinggi yaitu kejuaraan dunia di kelas motogp 225cc tersebut.


Honda (2000-2003)

Setelah habis kontrak dengan aprilia rossi di pinang oleh tim repsol honda ,untuk memenuhi visi misi honda pada saat itu ,tidak hanya itu the doctor juga memenangkan beberapa juara dunia dengan tim pabrikan asal jepang tersebut ,yaitu tahun 2001 dan 2003 pada kelas motogp 500cc, hingga pada akhirnya the doctor pindah ke pabrikan garpu tala.


Yamaha (2004-2010)

yap,rossi sempat berkerja sama dengan pabrikan garpu tala tersebut pada tahun 2004 sampai dengan 2010 .the doctor memenangkan banyak podium pada saat bergabung di tim pabrikan garpu tala tersebut sebanyak 4 kali yaitu pada tahun 2004,2005,2008,dan 2009.pada tahun 2011 the doctor tidak melanjutkan kerja samanya dengan tim pabrikan yamaha tersebut .




Ducati (2011-2012)

setelah putus kontrak dengan tim pabrikan dengan yamaha pada tahun 2010 valentino rosssi melakukan kerja sama dengan tim pabrikan asal italia yaitu ducati,pada saat berkerja sama dengan ducati rossi tidak mendapatkan gelar apapun,the doctor hanya mendapatkan posisi 7 pada kelasemen dan hanya naik 1 peringkat yaitu peringkat 6 pada akhir musim 2012, hingga pada akhirnya rossi tidak memperpanjang kontrak dengan tim pabrikan asal italia tersebut.

Yamaha (2013 - sekarang)

Setelah tidak cocok dengan tim pabrikan asal italia,rossi kembali ke pinangan yamaha , rossi pada kali kedua di tim yamaha hanya mendapat posisi ke empat pada tahun 2013,dan mendapatkan posisi kedua di puncak kelasemen pada tahun 2014 dan 2015.dari tahun 2015 hingga saat ini pun the doctor tidak mendapatkan gelar juara dunia apapun ,dan ada kabar bahwa tahun 2020 merupakan tahun terakhir valentino rossi ,rossi mendapat dua pilihan yaitu pensiun atau bergabung dengan tim lain ,dan ada juga yang berspekulasi bahwa rossi akan kembali ke tim aprlia , dan itu merupakan hoax rossi sudah menkonfirmasi bahwa tahun 2021 rossi akan begabung dengan tim satelit yamaha .Seperti yang dikonfirmasi dari 'La Gazzetta dello Sport' dan GPone, Valentino rossi akan terus menulis kisah balapnya di MotoGP tahun depan di tim barunya yakni tim Petronas yamaha SRT, tetapi dengan semua bantuan penuh dari pabrikan yamaha.


sekian dari biografi dari valentino rossi atau yang biasa kita sebut dengan the doctor, saya harap semoga informasi biografi valentino rossi ini dapat menginpirasi mu.

komen jika ada kesalahan dalam informasi atau penyampaian, terimah kasih.... :)

Komentar

  1. Wah sangat menarik biografinya,terima kasih:)))

    BalasHapus
  2. wah dulu saya tidak mengenal valentino rossi gara2 membaca artikel ini saya sangat mengenali valentino rossi terima kasih eanraihan.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Baru tahu ternyata valentino lahir tahun itu.

    BalasHapus
  4. One of my favourite rider✊✊✊✊

    BalasHapus
  5. Wah bermanfaat sekali artikelnya kak, makasih banget sukses selalu ya kak

    BalasHapus
  6. Ngp idk biografi ttg aku b kan menginspirasi jugo wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar